Selasa, 28 Februari 2012

Saka Pariwisata: Merintis Pariwisata di Daerah

Pariwisata mempunyai peran yang sangat penting untuk mempromosikan potensi serta membangun ekonomi daerah. Gerakan pramuka dilihat mempunyai peran yang sangat baik dalam memajukan dan mengembangkan pariwisata di Indonesia. Hal tersebut diwujudkan melalui MoU (Momerandum of Understanding) antara Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Mari Elka Pangestu) dengan Kwartir Gerakan Nasional Pramuka (Kak Azrul Azwar) yang ditandatangani pada 27 Januari 2012 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat.

Dalam MoU tersebut dibentuk Satuan Karya Pramuka (SAKA) Pariwisata yang akan menjadi gugus terdepan untuk membantu mengembangkan pariwisata. Putra putri pramuka akan dibina menjadi 3 Krida yaitu Krida Penyuluh Pariwisata, Krida Pemanduan Pariwisata dan Krida Kuliner Wisata. Ketiga Krida ini mempunyai peran khusus dalam memajukan sektor pariwisata. Misalnya Krida Penyuluh Pariwisata mempunyai peran dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan dan keindahan tempat pariwisata. Krida Pemanduan Pariwisata mempunyai peran dalam memandu para turis serta mempromosikan tempat-tempat wisata. Sedangkan Krida Kuliner Wisata mempunyai peran dalam mempromosikan makanan khas lokal. Sosialisasi mengenai Saka Pariwisata sebelumnya telah diadakan saat Jambore Nasional ke-9 di Palembang Sumatera Selatan, 2011 yang lalu. Keberadaan Saka Wisata dimaksudkan sebagai upaya melakukan sosialisasi sadar wisata melalu implementasi Sapta Pesona untuk menyelenggarakan Kepariwisataan yang berkelanjutan

Pramuka juga diharapkan dapat menyelenggarakan Kemah Wisata melalui program darmawisata dari sekolah. Melalui darmawisata siswa menikmati objek-objek wisata tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Diharapkan melalui kegiatan ini siswa dapat mengenal objek-objek wisata sehingga menumbuhkan rasa cinta terhadap Tanah Air.

Melalui MoU ini, Pramuka Indonesia diharapkan dapat mendorong anak muda untuk mengembangkan pengetahuan, kreatifitas dan bakat dalam mendukung sektor pariwisata dari masing-masing daerah. Hidup Pramuka dan Pariwisata Papua Barat.

0 comments:

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s

Posting Komentar

Silahkan masukan kriktik dan saran teman-teman untuk perbaikan blog ini