Selasa, 28 Februari 2012

Membangun Generasi Muda Melalui Pramuka

Gerakan Pramuka merupakan pilar yang sangat penting dalam sistem pendidikan nasional. Saat ini gerakan pramuka makin diperhitungkan sebagai sarana pembelajaran, serta untuk mempersiapkan para pemimpin masa depan yang memiliki kepribadian dan akhlak yang mulia. Pramuka mempunyai manfaat yang sangat penting dalam membangun karakter anak bangsa sehingga dapat bersikap dengan bijak, cerdas, tangguh, berpikir positif, berbudi pekerti, percaya diri, bersahabat, disiplin dan terampil. Gerakan pramuka fokus pada pembinaan mental dan disiplin yang tinggi kepada para anggotanya. Pramuka melatih diri untuk mewujudkan kepribadian yang disiplin seperti yang tercantum dalam Dasadarma dan Trisatya Pramuka. Pramuka terbukti mampu menciptakan tunas-tunas bangsa yang tangguh dan bertanggung jawab. Itu sebabnya gerakan pramuka harus terus ditumbuh dan dikembangkan dikalangan anak dan kaum muda. Gerakan pramuka mampu mendidik anak dan kaum muda agar berwatak dan berkepribadian luhur serta memiliki jiwa bela Negara (patriot). Pendidikan pramuka juga memiliki peran sebagai komplemen dan suplemen terhadap pendidikan formal.

Tujuan dari Gerakan Pramuka yaitu mendidik dan membina kaum muda Indonesia guna mengembangkan mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisiknya untuk menjadi generasi muda Indonesia yang baik. Melalui kegiatan pramuka ada hal-hal yang dipelajari, yakni belajar berorganisasi dan melakukan beragam outdor maupun indor. Kegiatan ini bisa merangsang kemampuan afektif, kognotif dan psikomotor. Pramuka dapat mengajarkan anak untuk menyelesaikan masalah dengan mencari solusi yang terbaik melalui musyawarah. Kegiatan pramuka juga sarat akan aktivitas mencintai alam dengan berinteraksi di alam. Sesuai dengan Dasa Darma yang melekat dalam jiwa setiap anggota Gerakan Pramuka, menolong sesama manusia tanpa pamrih menjadi bagian dari semangat luhur pramuka. Solidaritas di antara sesama juga menjadi salah satu bidang garapan Gerakan Pramuka. Melalui pramuka generasi muda akan mengembangkan rasa kebersamaan, kesetiakawanan, rasa saling memiliki dan menghormati sesama. Dalam pramuka generasi muda dituntut untuk hidup mandiri, penuh kreativitas, serta memiliki kemampuan beradaptasi di lingkungan manapun.

Generasi muda adalah generasi penerus harapan nusa dan bangsa, untuk itu di harapkan generasi muda dapat menjadi sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas serta memiliki penguasaan disiplin ilmu yang luas aspeknya. Melalui kegiatan pramuka diharapkan generasi muda dapat menjadi motor penggerak dalam memajukan kehidupan bermasyarakat dan bernegara,

0 comments:

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s

Posting Komentar

Silahkan masukan kriktik dan saran teman-teman untuk perbaikan blog ini