Senin, 27 Februari 2012

Paradise di Kepulauan Raja Ampat

Peranan Gerakan Pramuka dalam pembangunan sangatlah penting bagi kemajuan bangsa di masa depan. Selain mempromosikan penting pelestarian lingkungan, pramuka juga turut serta dalam mempromosikan budaya dan wisata dari berbagai daerah. Kali ini kami dari DKD Papua Barat akan mengulas salah satu wisata di Tanah Papua Barat yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Itulah Raja Ampat, salah satu objek wisata di Papua Barat dengan pemandangan yang sangat mengagumkan. Raja Ampat terletak di jantung Coral Triangle (segitiga terumbu karang dunia) dengan keindahan alam bawah laut yang eksotis. Raja Ampat terdiri dari gugusan pulau-pulau yang membentang antara Kepulauan Maluku dan Semenanjung Kepala Burung. Kepulauan Raja Ampat memiliki 610 pulau yang diantaranya terdapat empat pulau besar yaitu Batanta, Salawati, Miscool, dan Waigeo.

Nama Raja Ampat memiliki arti yang bersejarah yaitu “Empat Raja-Raja” dimana nama tersebut sejak abad ke 15 diberikan oleh seorang Sultan dari Tidore yang menunjuk empat orang raja lokal dari Pulau Waigeo , Batanta, Salawati dan Misool. Sebuah peradaban kuno di Raja Ampat dapat ditemukan di beberapa tempat bersejarah seperti lukisan pada bebatuan di dalam gua-gua kuno di Pulau Misool.

Raja Ampat tercatat memiliki keanekaragaman spesies ikan karang dan terumbu karang yang tertinggi di dunia dengan 1397 spesies ikan karang dan 603 spesies terumbu karang. Dengan panjang garis pantai mencapai 753 kilometer, Raja Ampat sangat terkenal dengan keindahan pasir putihnya seperti kristal serta air laut yang berwarna biru dan hijau. Itu sebabnya banyak penyelam dari penjuru dunia yang datang untuk merasakan pengalaman menyelam di surga laut Kepulauan Raja Ampat. Disamping menyelam, Raja Ampat juga menawarkan flora dan fauna endemik yang sangat mempesona.

Jadi bagi teman-teman yang berkunjung ke Papua Barat jangan lupa untuk singgah di Raja Ampat karena disinilah teman-teman dapat melihat pemandangan yang sangat menakjubkan. Jadi jangan lupa untuk membawa kamera dan memori yang kosong untuk diisi dengan pemandangan yang membuat anda takjub. Untuk informasi lebih lanjut teman-teman dapat menghubungi "Raja Ampat Culture and Tourism Affairs" Telp/Fax: +62 411 402650, email: info@gorajaampat.com

0 comments:

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s

Posting Komentar

Silahkan masukan kriktik dan saran teman-teman untuk perbaikan blog ini