Selasa, 21 Februari 2012

22 Februari - Hari Baden Powell Sedunia

Hai sobat! Masih ingat tidak hari ini Rabu, 22 Februari? Ya, benar hari ini adalah Hari Baden Powell Sedunia karena tepatnya pada hari ini 22 Februari lahirlah seseorang di Kota London Inggris yang sekarang kita kenal sebagai Bapak Pandu Dunia, Robert Stepenson Smyth Baden Powell. Dialah sosok penting yang menemukan dan mendirikan Gerakan Pramuka. Baden Powell anak ke-enam dari pasangan Prof. Domine Baden Powell (seorang guru besar Geometri di Universitas Oxford) dan Henrietta Grace Smyth (putri Admiral Kerajaan Inggris yang terkenal, William T. Smyth). Sejak berumur 3 tahun ayah Baden Powell meninggal sehingga ia dituntut untuk hidup mandiri dan bekerja keras. Baden Powell merupakan seseorang yang cerdas sehingga ia memperoleh beasiswa pada tahun 1870 dari Charterhouse School. Ia memiliki banyak talenta seperti melukis, maching band, teater, dll.

Tahun 1876, Baden Powell menamatkan sekolah, kemudian bergabung dengan Dinas Kemiliteran dan bergabung dengan 13th Hussars di India. Pada tahun 1895 dia bertugas dengan dinas khusus di Afrika dan pulang ke India pada tahun 1897 untuk memimpin 5th Dragoon Guards. Baden-Powell kemudian ditempatkan di dinas rahasia selama 3 tahun di daerah Mediterania yang berbasis di Malta. Baden-Powell kembali ke Afrika Selatan sebelum Perang Boer dan terlibat dalam beberapa tindakan melawan Zulu. Setelah mengurusi pasukan polisi Afrika Selatan, tahun 1901, Baden Powell kembali ke Inggris. Enam tahun kemudian, Baden Powell menghadiri perkemahan di Pulau Brownsea, inilah yang konon disebut perkemahan pertama. Tahun 1908, terbitlah sebuah buku Scouting for Boys, sebuah buku yang membuat perkembangan kepanduan menjadi besar. Baden-Powell kembali ke Inggris untuk bertugas sebagai Inspektur Jendral pasukan berkuda pada tahun 1903 yang merupakan karir terpenting selama hidupnya. Pada tahun 1912, gerakan yang dirintis oleh Lord Baden Powell ini dibawa masuk oleh penjajah Belanda ke Indonesia. Sejak tahun 1912 tersebut gerakan kepramukaan di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat yakni dengan lahirnya berbagai organisasi kepramukaan di tanah air.

Semoga kita bisa memaknai hari Boden Powel sebagai semangat untuk mau berkarya dan mandiri, dalam mengembangkan Kepramukaan guna membangun bangsa. Selamat hari Baden Powell untuk sobat-sobat sekalian di seluruh Tanah Air. Salam DKD Papua Barat

2 comments:

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s

Posting Komentar

Silahkan masukan kriktik dan saran teman-teman untuk perbaikan blog ini